Pages

Tuesday, May 10, 2016

Manajemen Syariah

Boleh dikatakan ketika ini lembaga-lembaga yang berbasis syariah sedang naik daun. Ini dibuktikan menggunakan perkembangan yg dialami oleh bank syariah yg berkembang sangat pesatnya baik didalam juga luar negeri.

Seperti dikutip dari manajemenislam.Wordpress.Com, pada hal ini akan dipaparkan mengenai manajemen syariah. Sebab Bila kita lihat manajemen syariah ini tak kalah pentingnya dengan manajemen yg lainnya.

Manajemen islam
Islam mengajarkan untuk saling memebantu (image : bengkelpemikiran.Wordpress.Com)

Manajemen syariah adalah suatu pengelolaan buat mencapai akibat optimal yang bermuara di pencarian ridho Allah. Dengen demikian maka setiap langkah yang diambil didasarkan di aturan-aturan Allah.

Maka bisa dikatan isi dari manajemen syariah adalah segala sesuatu yang berhubungan menggunakan ilmu manajemen konvensional yang telah diwarnai menggunakan aturan Al-Quran, Hadist serta beberapa contoh yg telah dilakukan para teman.

Bila diihat dari pengertiannya maka bisa dikatakan bahwa ruang lingkup berasal manajemen syariah sangatlah luas, yang mana dapat berupa pemasaran, produksi, mutu, keuangan, sda, sendok makan, dan sebagainya.usaha rumahan


Bahkan manajemen qalbu (MQ) yg dikembangkan oleh Aa’ Gim bisa dikatakan serumpun dengan manejemen syariah ini. Dalam hal ini kita hanya akan membahas dalam bidang ekonomi dan pemerintah yg bekerjasama menggunakan pemasaran, keuangan, sdm, mutu, sda, serta peraturan pemerintah.

Sempurna setiap orang memahami bahwa pinsip ekonomi di umumnya dan manajemen pada khususnya buat mencapai yang akan terjadi yg maksimum menggunakan kerja minimum. Prinsp konvensional ini berkembang pesat dibarat.

Sebenarnya Islam tidak menentang prinsip ini bahkan dapat dikatan mendorong prinsip ini. Akan tetapi manajemen syariah hanya menambahkan rambu-rambu di manajemen konvensional agar tidak hanya memperoleh yang akan terjadi global tapi juga diimbangi menggunakan hasil akhirat.

Menggunakan rambu-rambu tersebut agar pelaku ekonomi memiliki sebuah batasan agar pada menjalankan rodae perekonomiannya tidak merugikan orang lain. Nah untuk lebih paham lagi perihal manajemen syariah kita perlu tahu pandangan Islam ihwal dasar sistem ekonomi.

Didalam Al-Quran dijelaskan bahwa harta merupakan salah satu objek untuk menguji ketaqwaan dari seorang. Harta pula dapat membawa mala bagi seseorang pada akhirat nanti Bila tidak dapat memanfaatkannya menggunakan sahih.

Dalam Islam ada dua pandangan tentang melihat harta, menjadi suatu hak ataupun kepemilikan sesama insan, Islam sangatlah mengharagai sedangkan pada hubungan antar manusia terhadap tuhannya, insan sebenarnya tidak memiliki hak sama sekali.

Bila kita lihat penerangan diatas maka dalam manajemen syariah dititik beratkan di bidang ekonomi tak akan lepas dari kehati-hatian dalam menyikapi harta. Menggunakan kita menerapakan manajemen syariah secara penuh tak akan membentuk kita saling menindas sesama pada menjalankan perekonomian.Manajemen


Jika kita lihat sekarang ekonomi Indonesia sedang mengalami krisis, hal ini juga diakibatkan sebab kita kurang mempertimbangkan akhlak berekonomi. Selain mengikuti sistem manajemen liberal (konvensional), kita pula terkadang melakukan hal-hal yg bertentangan dengan kejujuran.

Menggunakan adanya sistem manajemen syariah di umumnya serta manajemen syariah pada khususnya diharapkan untuk memberi rambu-rambu yg belum diketahui oleh pelaku ekonomi. Menggunakan rambu-rambu ini dapat mensejahterakan segala lapisan masyarakat.

Kita ambil model manajemen syariah pada jual beli. Dikatan pada rambu-rambu itu bahwa orang kota tidak boleh mencegat serta memborong dagangan yg dimaksudkan supaya orang desa tidak mengetahui harga pasar yang sebenarnya.Peluang Bisnis


Dalam Islam pula tidak boleh mematok harga sehingga pasar tak bisa mengikut aturan “permintaan serta penyedian”. Nah buat mendorong kegigihan berusaha, pada manajemen syariah ada dorongan yg mengatakan baha “ dibalik kesulitan pastilah terdapat kemudahan”.

Dengan contoh mungil tadi dapat menunjkkan ada sistem yang gigih dan berpihak di mereka yang sering dirugikan buat menuju suatu sistem pasar bebas.

Dengan dikenalnya rambu-rambu tersebut diharapkan adanya gema kegigihan, kejujuran, pemerataan, serta perlindungan di mereka yang lemah akan mewarnai perekonomian dan pemerintahan pada Indonesia tercinta ini.

Demikianlah penerangan wacana manajemen Islam, semoga dengan penjelasan tersebut kita sebagai paham tentang arti pentingnya manajemen Islam. Terima kasih sudah membaca artikel kami, dan sampai jumpa di artikel yg lainnya.

No comments:

Post a Comment